Konsep Aplikasi Persebaya Selamanya v3.2

Dengan dua fitur baru: Tur Virtual dan Liga Persebaya.
Konsep Persebaya Selamanya v3.2 (BD)

Era teknologi tidak pernah berhenti. Dalam sebuah aplikasi, fitur baru akan selalu dikejar oleh pengembang demi memberikan kenyamanan dan kemudahan pengguna. Pada kesempatan kali ini, Bonek Digital kembali melakukan update untuk konsep aplikasi Persebaya Selamanya versi 3.2 yang merupakan pengembangan lanjutan dari versi 3.0 dan v3.1 sebelumnya.

PENTING: Ini bukan aplikasi sungguhan. Hanya sebatas konsep atau opini admin saja.

Perubahan pada versi 3.2 ini tidak mayor. Artinya, secara filosofi dan prinsip desain akan dipertahankan berdasarkan versi 3.0 lalu. Hanya ada tambahan dua fitur besar: Tur Virtual Museum dan Liga Persebaya.

Tur Virtual Museum

Bagi yang familiar dengan Persebaya, tentu sudah mengetahui bahwa kantor marketing Persebaya yang terletak di kawasan Surabaya Town Square (SUTOS) memiliki sebuah mini museum. Isinya pun beragam, seperti jersey bersejarah, trofi, dan termasuk poster berisi narasi penjelasannya.

Klik Open Image on New Tab untuk melihat gambar dengan resolusi penuh.

Tur Virtual - Konsep Apps PS v3.1 Tur Virtual - Konsep Apps PS v3.1

Tentu tidak semua Bonek bisa berkunjung kesana, terutama yang terkendala dengan jarak. Maka kemunculan fitur Tur Virtual Museum dalam konsep aplikasi versi 3.2 ini diharapkan bisa menjadi solusi dari kendala jarak tersebut.

Mini museum akan dibuat versi virtualnya, dan kita bisa mengaksesnya seolah berada di dalam bangunan tersebut. Mirip seperti aplikasi Google Maps gitu deh, lur! Segala benda historis juga sudah didigitalkan narasinya secara komprehensif agar bisa dinikmati sebagai literasi sejarah yang baik. Dan itu semua bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Asik kan?

Liga Persebaya

Kemudian untuk fitur besar kedua yang ditambahkan adalah hadirnya sektor khusus terkait Liga Persebaya yang mencakup berita tim internal, jadwal pertandingan, live skor, hingga profil tim beserta statistik pemain.

Klik Open Image on New Tab untuk melihat gambar dengan resolusi penuh.

Liga Persebaya - Konsep Apps PS v3.1 Liga Persebaya - Konsep Apps PS v3.1

Desain tampilan home Liga Persebaya dibuat fresh dengan berita pilihan yang ditampilkan pada bagian atas. Tak lupa ada pula jadwal pertandingan terdekat yang akan digelar. Data klasemen sementara beserta statistik pemain juga ditampilkan secara ringkas di bagian home ini yang bisa dilihat secara detail lagi dengan menekan Semua atau Lihat Detail.

Klik Open Image on New Tab untuk melihat gambar dengan resolusi penuh.

Liga Persebaya - Konsep Apps PS v3.1 Liga Persebaya - Konsep Apps PS v3.1 Liga Persebaya - Konsep Apps PS v3.1

Tak lupa selain itu ada pula halaman profil klub internal lengkap dengan sejarah dan deretan pemainnya. Dulur-dulur juga bisa mengikuti berita klub internal tersebut lewat halaman profilnya. Sedangkan desain live skor masih mengikuti aplikasi utama Persebaya Selamanya.

Sebenarnya dalam dunia nyata, Kompetisi Internal Persebaya telah memiliki aplikasi berbasis Android yang kini tersedia di Play Store: KSA Persebaya.

Lalu, mengapa Bonek Digital memilih mengintegrasikan Liga Persebaya dengan aplikasi Persebaya Selamanya? Jawabannya adalah karena filosofi dari konsep ini sendiri adalah "All in One". Satu untuk semuanya. Cukup dengan satu aplikasi, Bonek bisa mengakses semua informasi dan elemen Persebaya. Itulah yang menjadi alasan terkuatnya.

Selain itu, dampak secara luas pun juga ada karena banyaknya pengakses aplikasi Persebaya Selamanya, maka ada potensi para pemain muda internal dilirik oleh pihak luar. Sebagai contoh, ada seorang scout yang ingin melihat data pemain muda dari klub internal, maka aplikasi Persebaya Selamanya bisa menjadi "perantara".

UPDATE: Ekspansi Fitur Tur Away

Pembaharuan pada konsep v3.1 terdapat ekspansi fitur Tur Away ke laman Website. Seperti kita ketahui bersama, fitur tur away dapat digunakan pada konsep PS v3.0 melalui aplikasi saja. Nah pada update kali ini, disediakan opsi baru yakni pembelian melalui Website.

Konsep Tampilan Home Fitur Tur Away versi Web. (BD)

Hal ini agar suporter memiliki opsi lain untuk membeli. Selain itu, terdapat pula beberapa pembaharuan signifikan salah satu yang paling menonjol adalah adanya sistem kelas yang tersedia. Ada versi Basic, Standard, dan Pro.

Klik Open Image on New Tab untuk melihat gambar dengan resolusi penuh.

Tur Away Web - Konsep Apps PS v3.1 Tur Away Web - Konsep Apps PS v3.1 Tur Away Web - Konsep Apps PS v3.1

Pemilihan kelas tersebut dapat disesuaikan dengan keinginan suporter. Misalnya bagi yang ingin menekan biaya away, maka bisa memilih opsi Basic. Sedangkan bagi yang ingin tur away normal dengan segala fasilitasnya, bisa memilih Standard. Begitu juga dengan Pro bagi yang ingin lebih banyak fasilitas dan jangka waktu liburan lebih lama.

Jadi itulah pembaharuan yang ada dalam konsep aplikasi Persebaya Selamanya v3.2 ini.

Terima kasih!